Kamis, 19 Agustus 2010

Keuntungan dan Kerugian Dalam Investasi Emas

Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi pertimbangan anda dalam berinvesatasi emas.

Beberapa keuntungan emas sebagai Investasi :
  1. Dengan emas kekayaan yang anda simpan akan terbebas dari nilai inflasi.
  2. Harga emas akan cendrung naik, bukan karena USD tapi karena suply/demand minyak dan barang tambang.
  3. Investasi emas tergolong invesatsi yang Low-Risk, karena harga emas dalam jangka panjang selalu naik.
  4. Investasi dalam bentuk Logam Mulia, karena ketika menjualnya anda tidak dikenai ongkos pembuatan seperti perhiasan emas dari pada emas perhiasan.
  5. Investasi dalam bentuk Emas Lebih Liquid dari pada investasi dalam bentuk lain (mudah dicairkan kedalam bentuk uang bila diperlukan).
Beberapa kelemahan dalam berinvestasi dengan emas:
  1. Kebanyakan Toko Emas sedikit tertutup untuk memberikan keterangan atau pengarahan kepada  konsumen secara terbuka masalah harga dan pertimbangan investasi.
  2. Kebanyakan pemilik emas mengalami kesulitan ketika menjual emas, karena tidak mengetahui standart perhitungan emas. Sedangkan  toko emas sendiri tidak transparant dalam menerapkan standart harga jual-beli emas seperti harga dolar.
  3. Investasi Emas dalam jumlah banyak misalnya diatas 1 kg, akan memerlukan keamanan khusus. biasanya beberapa orang memilih menggunakan brankas kecil untuk menyimpan, tapi cara lain yang lebih aman lagi adalah dengan menyewa safety box di bank.
  4. Emas lebih baik untuk investasi jangka panjang.
Bila kita ingin Investasi emas dengan harga murah adalah membeli emas perhiasan atau batangan adalah membeli emas di Pegadaian saat lelang, karena emas dilelang tidak kena ongkos bikin atau pun PPN 10% jadi saya sarankan bila membeli emas untuk investasi adalah membeli dipegadaian saat lelang.

Pilihan lain adalah membeli emas batangan di PT Antam, membeli emas batangan di PT Antam meskipun kena ongkos pembuatan tapi tidak kena PPN 10%.